Rabu, 09 November 2011

Publik Speaking's Event


Ikut panitia event ini adalah pengalaman pertamaku dalam membuat suatu event dalam oraganisasi. Mulai dari nol pengalaman tetang event organizer, aku dan teman-teman magang BEM Fakultas Hukum UNS menggarap suatu Event Publik Speaking yang bertema "Speak Loud Out With 3B (Brain, Behavior, Beauty. Event ini merupakan tugas akhir dari magang BEM Fakultas Hukum UNS. Setelah menerima tugas ini, kami mulai menyusun panitia dan jobdesk buat setiap panitia. Kebetulan aku berada dalam team sie acara. aku bertanya-tanya, bagaimana menyusun acara mulai dari konsep makro hingga mikro?? Benar-benar enggak tau apa-apa. Disitulah aku mulai berpikir, mencari tau, dan mengenali apa itu acara publik speaking. Mulai baca-baca, browsing internet, tanya teman hingga tanya ke kakak BEM FH UNS. Dari rapat satu ke rapat selanjutnya, aku bersama team sie acara mulai menyusun konsep acara, siapa pembicaranya, berapa anggaran sie acara berapa, menghubungi pembicara yang hendak di hadirkan, koordinasi dengan sie-sie lain, dan menyusun rounddown acara.

Dalam kepanitian aku mendapat beberapa hal-hal baru, mulai dari cara berkomunikasi yang baik agar sebuah gagasan itu dapat dimengerti teman-teman panitia, berlajar berforum, belajar birokrasi, belajar tentang event organizer, berlajar menerapkan bekerja sama dengan team, dan belajar berkomunkisi dengan orang yang lebih senior. Persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari, tetapi tetap saja masih ada kendala. Seperti masalah pemilihan pembicara, sponsor, teknis acara, dan konsep yang kurang matang. Menjelang hari H, Panitia mulai meningkatkan fokusnya terhadap event kami. Dulu rapat yang seminggu sekali, mungkin di minggu terakhir ada rapat tiga kali seminggu.

Kekompakan panitia dan kerjasama yang solid panitia di uji di H-7. Semua panitia sibuk dengan masing-masing tugasnya. aku juga sibuk dengan team sie acaraku. Kami mulai membuat konsep acara lebih mikro, menyusun teknis acara, dan membuat rounddown acara. Pada hari H-1 persiapan belum kelar, semua diusahakan dikelarkan hari itu juga. Waktu yang mempet membuat aku sedikit merasa tertekan. Selain kedala persiapan, pengoordinator teman-teman panitiapun sedikit mengalami kesulitan. Kebanyakan teman-teman yang "kesed klutrak-klutruk" (malas) masih belum merasa jika seluruh tugas merupakan tanggung jawab bersama. Jadi, terjadi ketimpangan tugas pada H-1. Salah satu korbannya adalah "aku". Aku harus lari kesana kemudian lari lagi kesini, kayak main kucing-kucingan. Penderitaan dari team sie acara tidak berhenti di situ. Aku bersama sebagian teman-teman panitia harus lebur hingga jam 2 pagi hari H untuk menyelesaikan persiapan dan akhirnya persiapan selesai juga. akhrinya pulang ke rumah dan tidur. Wah.... kasurnya empuk yah!

Pagi menjelang, kejutan kembali muncul (bener-bener event ini penuh kejutan). Rencana pembicara datang jam setengah 9 ngaret sampai 1 jam. Keringat dingin,,,(hening). Pihak fakultas menyakan tentang hal keterlambatan dan teknis kami. Semakin teretekan..(hening kembali). Beruntung disitu teman-teman panitia semakin solid. Semua saling membantu menghandle acara bahkan kakak-kakak senior bem pun turun tangan buat membantu. MC secara mendadak harus menghandle acara hingga pembicara datang. Setelah Pembicara pertama datang tekanan mulai berkurang. Alhamdulillah.. walaupun ngos-ngosan. Setengah jam kemudian pembiacara kedua pun datang dan acara berjalan lancar hingga selesai. Memang, menyelenggarakan event bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kekompakan, keseriusan, koordinasi dari pemimpin yang baik, dan sedikit pengorbanan. Biarlah kesalahan itu menjadi catatan untuk perbaikan yang akan datang. Jangan pernah pesismis dengan keadaan, jika tekat telah bulat untuk maju. Jangan berhenti!! go ahead!!

Tidak ada komentar: